Pertanda Apa Anak Yang Suka Bermain Dan Berguru Sendiri

Sebenarnya kebiasaan berguru atau bermain sendirian, sering dilakukan oleh bawah umur semenjak mereka masih bayi. Kalau kita amati dengan benar, memang begitu kan?

Mereka yang masih bayi akan sibuk dengan kakinya yang menendang-nendang di udara, atau tangannya yang seakan-akan ingin menggapai mainan yang tergantung di atas daerah tidurnya.


Semua hal tersebut dilakukan anak melalui proses mencontoh dan pengulangan. Meskipun ketika itu kita tidak dapat menemani, mereka tetap terlihat asyik dan bersemangat ketika melakukannya.

Namun dengan seiring bertambahnya usia, keterlibatan orang lain pun menjadi semakin intens.

Dalam berguru dan bermain, anak sering melakukannya melalui interaksi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya, menyerupai orang tua, saudara-saudaranya, kerabat bersahabat dan teman-temannya.

Hubungan interaksi tersebut menciptakan anak menjadi semakin merasa butuh ditemani ketika harus melaksanakan banyak sekali hal. Mereka akan merasa ada yang kurang atau merasa keberatan apabila harus melaksanakan semua itu sendirian.



Pertanda Anak yang Cerdas Intrapersonal


Namun, bagi bawah umur yang mempunyai kecerdasan intrapersonal yang baik, hal tersebut bukanlah masalah. Bagi mereka, bermain atau berguru yaitu merupakan acara yang dapat mereka lakukan sendirian.

Anak yang suka bermain dan berguru sendiri ternyata merupakan salah satu tanda bahwa anak tersebut mempunyai kecerdasan intrapersonal.


Oleh alasannya yaitu itu, anak tidak merasa keberatan kalau kita tidak dapat menemani mereka belajar. Begitu juga ketika teman-temannya tidak dapat menemani, sesuatu hal yang tidak menjadi masalah.

Asalkan Jangan Antisosial


Hal yang harus kita perhatikan kepada anak yang menyerupai ini yaitu jangan hingga kebiasaan tersebut menciptakan anak menjadi antisosial dengan orang-orang di sekitarnya.

Kita perlu waspada kalau anak lebih bahagia bermain sendiri, bahkan mereka mengeluh atau menolak ketika harus bermain dengan teman-teman lainnya.

Sebabnya yaitu kalau hal tersebut terus dibiarkan dapat menciptakan anak menjadi sosok individualis yang tidak suka berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

0 Response to "Pertanda Apa Anak Yang Suka Bermain Dan Berguru Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel