Pertanda Apa Anak Yang Peka Terhadap Suara

Terkadang orang renta merasa heran dengan hadirnya keunikan yang terjadi pada anaknya. Seperti tiba-tiba saja buah hati menjadi peka terhadap suara-suara.

Meskipun mungkin agak terkesan berlebihan alasannya ialah anak menjadi sangat peka terhadap segala suara, termasuk suara-suara yang biasa kita dengar.

Kita sebagai orang tua, tak boleh menawarkan respon yang negatif kepada anak, menyerupai mengacungkan atau menyampaikan sesuatu yang dapat menciptakan mereka patah semangat.


Telah disebutkan bahwa anak yang mempunyai kecerdasan musikal tinggi, memang mempunyai kepekaan yang baik terhadap nada, melodi, dan musik yang didengarnya.

Selain itu, merekajuga sangat baik, peka terhadap suara-suara yang muncul di sekitar mereka.

Misalnya, saat suata katak terdengar hingga dalam rumah. Anak yang mempunyai kecerdasan musikalnya rendah, tidak merasa tertarik dan mengacuhkan bunyi tersebut.

Hal yang berbeda terjadi pada anak yang cerdas musikal. Mereka cenderung mempunyai rasa ingin tahu pada bunyi yang muncul tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan rasa ingin tau yang lalu menciptakan mereka bangun dan mencari sumber bunyi tersebut.



Misalnya lagi, anak akan eksklusif berlari ke ruang tamu saat mendengar pintu dibuka. Secara refleks, mereka akan penasaran. Juga dengan bunyi pesawat udara yang lewat.

Sebagai orang tua, kita harus dapat memahami kebiasaan ini sebagai salah satu perjuangan anak dalam proses belajarnya.

Untuk menawarkan motivasi kepada anak, kita pun dapat mengajaknya untuk melaksanakan permainan yang berafiliasi dengan bunyi-bunyi. Misalnya, kita menutupmata anak dan membunyikan suara-suara tertentu menyerupai kaleng dipukul, dentingan antar piring dan sendok dan sebagainya.

Kemudian buah hati kita diminta untuk menyebutkan suara-suara apa saja yang telah dibunyikan tersebut.

0 Response to "Pertanda Apa Anak Yang Peka Terhadap Suara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel