Kerjakan 5 Hal Ini Kalau Ingin Anak Cerdas

Anak yang cerdas selalu mempunyai IQ yang tinggi. IQ yaitu kepanjangan dari Intelligence Quotient yang mempunyai arti kemampuan untuk bertindak secara terarah, berpikir rasional dan menghadapi lingkungan secara efektif.

Secara garis besar, intelegensi merupakan suatu kemampuan mental yang melibatkan proses berpikir secara rasional.

Oleh karenanya, intelegensi tidak bisa diamati secara langsung, melainkan harus disimpulkan dari aneka macam tindakan konkret yang merupakan manifestasi dari proses berpikir rasional tersebut.

Sebagai orangtua, siapa yang tak bahagia kalau anaknya mempunyai kecerdasan yang lebih daripada teman-teman sebayanya. Apalagi ditambah dengan kebijaksanaan pekerti yang luhur.


Ada beberapa tips buat orangtua kalau anaknya ingin cerdas.

1. Stimulasi anak sedini mungkin.

Sejak ia lahir ke dunia, ajaklah ia untuk berkomunikasi, membiasakan bayi menatap mata orang yang mengajak bicara dengannya dan sebagainya.

2. Kenalkan buku semenjak bayi.





3. Ajak mengamati obyek yang ada di sekitarnya secara langsung.

Tidak hanya melalui buku atau media audio visual saja. Misalnya mengamati binatang, ciri khas yang dimiliki, mungkin menyentuh bulu yang ada di tubuhnya dan sebagainya.

4. Keseimbangan bertemu dengan orang cukup umur dan sahabat seusianya.

Sehingga anak bisa mendapat informasi dari orang cukup umur dan sahabat sebayanya. Tidak hanya salah satu dari keduanya.

5. Keseimbangan bermain dalam ruangan dan luar ruangan.

Agar kemampuan pandangan luas, ketrampilan motorik optimal dan kondisi emosi lebih stabil sebab adanya kehidupan bervariasi di dalamnya.

0 Response to "Kerjakan 5 Hal Ini Kalau Ingin Anak Cerdas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel