4 Pola Stimulasi Sensoris Pada Anak

Sebenarnya stimulasi sensoris untuk mendukung optimalisasi tumbuh kembang bayi sanggup dilakukan dalam acara sehari-hari. Tanpa kita sadari kita telah menstimulasi si kecil.

Misalnya saja pada dikala mengganti atau menggunakan popok anak, menawarkan makan, proses memandikan bayi serta mengenakan atau menggantikan pakaian bayi.

Stimulasi sensoris ini sanggup dilakukan tentunya dengan melibatkan si bayi. Selain itu, jug jangan hingga lupa untuk menggabungkan beberapa aspek perkembangan dikala menstimulasinya, contohnya saja bunyi atau berbicara dan interaksi.

Seorang ibu sanggup mempelajari dunia sekitarnya dengan eksplorasi sensoris, dimana dalam sensoris terdapat 5 macam panca indra dan keseimbangan serta gerakan.

Melihat dan mendengar ialah aspek sensoris yang paling dini. Dan kulit merupakan alat sensoris yang sangat luas. Lalu bagaimana cara menstimulasi sensoris pada bayi?


Berikut ini ialah beberapa rujukan acara sehari-hari dalam menstimulasi si kecil.

1. Proses Diapering.

Saat mengganti atau menggunakan popok pada bayi, seorang ibu sanggup menstimulasi sensoris bayi dengan mengajaknya berbicara. Selain itu, sanggup juga dengan memijat tubuhnya. Sehingga ada penggabungan beberapa aspek dalam menstimulasi sensoris yaitu bunyi dan interaksi.





2. Proses Feeding.

Seorang ibu sanggup mengenalkan adanya konsep lembap melalui makanan. Misalnya ibu menciptakan agar-agar untuk dimainkan oleh bayi. Bayi nantinya akan memegang dan pada dikala itulah terjadi sensoris pada kulit bayi.

Tentunya pada dikala mengenalkan dan melatih sensoris tidak hanya mengenalkan jenis makanannya saja, akan tetapi juga didukung dengan bunyi dan gerakan.

3. Proses Bathing.

Pada dikala memandikan bayi, seorang ibu sanggup mengajak bayi untuk mengangkat kakinya dambil dibantu ibunya untuk mengangkat. Sehingga ada proses stimulasi melalui bunyi dan gerakan.

4. Proses Dressing.

Stimulasi sensoris sanggup dilakukan pada dikala menggunakan atau menggantikan pakaian bayi. Misalnya memakaikan baju, ibu sanggup mengajak anak dengan memasukkan anggota tubuhnya ke pakaian yang akan dipakai anak. Tak lupa juga dilakukan proses sensoris dengan bunyi dan gerakan.

0 Response to "4 Pola Stimulasi Sensoris Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel