Cara Hadapi Si Kecil Yang Cemburu

Dalam berumah tangga, kehadiran anak lebih dari satu tentunya merupakan sebuah berkah tersendiri. Namun jikalau olrangtua belum dapat mengatur, maka akan terjadi kecemburuan antar saudara.

Cemburu dapat terjadi alasannya dua saudara atau lebih ini tumbuh dalam satu keluarga yang sama. Jarak kelahiran yang tidak terlalu jauh, akan menciptakan adik abang ini memerlukan kasih sayang dan perhatian yang sama.

Untuk itulah dalam menghadapi situasi yang ibarat ini, perilaku orangtua haruslah bijak dalam menunjukkan porsi kasih sayang kepada anak-anaknya.

Orangtua harus pandai-pandai dalam membagi waktu, dapat berkomunikasi dengan pasangan. Ketika adik dipegang ayah, si abang dapat dipegang oleh ibunya. Memang perlu fleksibilitas, kalau tidak, dapat melahirkan sifat iri.

Lalu apa yang semestinya dilakukan oleh orangtua jikalau buah hatinya selalu merasa cemburu kepada saudara. Berikut ini yang harus dilakukan.

Si Anak Berusaha Mencari Perhatian


Adapun faktor-faktor yang biasanya menciptakan cemburu si kecil yaitu yang bersifat kesenangan anak ibarat makanan, mainan dan barang-barang yang dimiliki oleh saudaranya.

Yang bersangkutan akan berusaha untuk mendapat perhatian orang di sekitarnya. Untuk mengatasinya, diharapkan teladan didik yang sempurna semoga anak tidak menjadi cemburu.

Untuk mengekspresikan bentuk kecemburuannya, si sulung biasanya menarik hati orangtua atau adiknya. Mulai dari merusak mainan adiknya, bertingkah membuntuti orangtuanya dan sebagainya.




Apa yang Harus Dlakukan


Kalau sudah melihat si kecil mengalami kecemburuan, apa yang harus dilakukan oleh orangtua? Orangtua perlu bertindak bijak sehingga tidak terkesan pilih kasih.

Misalnya saja apabila salah satu melaksanakan kesalahan, maka bukan berarti yang salah saja yang ditegur dan mendapat hukuman, namun keduanya perlu dinasehati dengan bijak.

Hukuman harus sesuai dengan anak seusianya dan sesuai dengan kesalahan yang diperbuatnya. Jadi, dapat menciptakan anak lebih berhati-hati dan tidak mengulangi kesalahannya lagi.

Selain itu, orangtua juga perlu mengerti huruf masing-masing anak. Hal ini akan terlihat jikalau anak sudah menginjak usia batita.

Sifat cemburu pada anak perlu diwaspadai alasannya kalau sudah semakin besar nanti, biasanya juga akan ikut sifat ini dan akan menjadikan sifat iri.

0 Response to "Cara Hadapi Si Kecil Yang Cemburu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel